Rabu, 14 Desember 2011

Cara Setting Main Jet Dan Pilot Jet

Main Jet dan Pilot Jet sangat berpengaruh besar pada setingan kendaraan, Khususnya motor 2 tak . Belum lama ini saya mendapatkan keluahan dari saudara saya yang berada di Lahat,Sumsel. dan pertanyaan yang paling lazim untuk kendala menyeting karburator adalah “bagaimana cara mengatur main jet dan pilot jet”.
Main jet dan Pilot jet
Pilot jet dan Main jet untuk kendaraan bermotor memiliki ukuran-ukuran sesuai dengan kebutuhan mesin.
yang sering terjadi pada saat menyeting main jet dan pilot jet adalah hanya memperbesar lubang pada main jet saja. padahal untuk motor dua tak yang sudah di oprek seperti RX king saudara saya. sangat membutuhkan pasokan bahan bakar yang lebih besar pada putaran bawah dan menengah. untuk itu pilot jet harus di besarkan. dan setingan main jet nya menyesuaikan dengan tabung knalpot(besar/kecil tabung knalpot racing).

Main jet
hasilnya untuk mesin yang masih belum panas, motor cenderung brebet. dan bila mesin sudah panas maka akan hilang brebetnya.
NB : Untuk setingan karburator dua tak yang sudah dioprek lebih baik memperbesar lubang pilot jet nya. karena bisa terjadi panas yang berlebihan saat motor berada pada putaran menengah. dan masih menggunakan pilot jet yang masih standar. mesin sangat kurang pasokan bahan bakarnya. bisa saja terjadi macet pada piston.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar